Selasa, 22 Maret 2011

Belajar ala SKS Bikin Otak Panik


       Peringatan, ini penting pelajar/mahasiswa yang biasa memakai sistem kebut semalam (SKS) jika esoknya akan menghadapi ujian. Waspadalah, belajar ala SKS akan membuat otak panik. Apabila itu berlangsung terus menerus bisa berdampak pada gangguan memori. Gaya belajar kebut semalam dapat membuat fungsi otak terganggu karena otak akan kelelahan dan tidak bisa menerima rangsangan dari luar. Hal ini terjadi karena jadwal otak yang harusnya istirahat tapi masih dipaksa untuk terus-menerus bekerja. Padahal saat jadwalnya tidur, otak mendapatkan protein untuk kinerjanya.
Jika seseorang terus-menerus belajar semalaman, ia akan kurang tidur. Ini berdampak pada gangguan memori dan mengganggu kerja otak. Kondisi otak yang kurang istirahat ini akan memberikan dampak buruk pada tubuh, seperti: cemas, gelisah, stres, kurang konsentrasi, serta menurunkan sistem kekebalan tubuh.
Selain itu, kurang tidur akibat SKS juga memicu kelenjar di otak merangsang kortisol menjadi hiperaktif. Kortisol adalah hormon stres yang bila jumlahnya berlebih dapat memicu gangguan-gangguan psikis. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus bisa membuat seseorang  menjadi insomnia. Nantinya ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan baik secara fisik maupun psikis. Akibatnya penganut SKS membutuhkan penanganan khusus agar bisa mengembalikan kualitas tidurnya.
Gaya belajar seperti itu mgkin bukan yang terbaik untuk pelajar dan mahasiswa, karena tidak memberikan manfaat bagi otak. Untuk itu seseorang harus mengubah cara belajarnya agar menjadi lebih efisien dan efektif.
Salah satu cara terbaik dalam belajar adalah mengulang, mencicilnya sehingga tidak bertumpuk serta tidak menunda-nunda pelajaran.
Berikut cara belajar yang efektif :
·         Jika memiliki banyak aktifitas diluar sekolah, cobalah belajar mengelola waktu sehingga pendidikan tidak dikorbankan.
·         Tulis kembali catatan dari kelas dirumah, ini akan membantu otak mengingat kembali pelajaran dikelas.
·         Buatlah catatan dengan bahasa yang mudah dipahami, catatan yang dimiliki tidak harus rapi.
·         Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran, cobalah mengajukan pertannyaan dikelas dan membuat catatan.
·         Buatlah rangkuman mengenai hal-hal penting kedalam catatan kecil setiap selesai satu bab pelajaran.
·         Cobalah mengetes diri sendiri tentang materi-materi yang sudah dipelajari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar